Selasa, 30 Juli 2013

Panen Ikan Herbivora Tanpa Pelet

Metode pemeliharaan ini belum pernah di terapkan pada ikan Carnivora atau pemakan daging, maka tugas anda untuk mencobanya, skala kecil saja. Seandainya panen bagus pada ikan Carnivora seperti lele, tentu ini merupakan terobosan baru yang sangat membantu petani perikanan.

Ikan Herbivora atau pemakan tumbuhan,  daun, lumut , alga, ganging, klekap. Apa saja jenis ikannya antara lain Bandeng, mujair, nila, melem, emas, grascap,dll.

Metode pemeliharan ini tentu mensyaratkan hal hal tertentu yang harus anda pahami, tapi sebetulnya anda jangan takut untuk mencoba, kapan anda jadi besar…jika takut gagal……

Supplement PRO FISH yang akan kita bahas ini, hanya sebagai pemicu stater saja…sebab target tujuannya adalah menumbuhkan lumut, alga, ganggang,klekap sebagai pakan ikan

PRO FISH

Tidak saya terangkan kandungan dari masing masing bahan, cari reperensi sendiri saja ya…
yang jelas, semua bahan ini alami semua ndak ada yang sintetis ,asli alami.

Bahan :
1. Urin sapi bunting 75 liter
2. Air kelapa 75 liter
3. Susu segar  5 liter
4. Kecambah 3 kg
5. Buncis 3 kg
6. Buah pisang 2 kg
7. Pepaya 2 kg
8. Nanas 2 kg
9. Feces burung/ayam/kelelawar 3 kg
10. Ikan segar 5 kg
11. NPS 3 liter
12. Gula jawa 5 kg
13 Molasses 3 liter
14. Ragi tape/tempe  1 bungkus isi 25 biji.


CARA MEMBUAT :
1
. Kecambah, buncis, pisang papaya , nanas, hancurkan di blender beri urin sapi bunting 10 liter + air kelapa 10 liter+ 1 biji ragi+ gula jawa 0,5 kg, peram 2 minggu

2. Susu segar+ 0,5 liter NPS + gula 0,3 kg, peram 2 minggu

3. Feces burung, ayam, kelelawar + urin 5 liter+ air kelapa 5 liter+ragi 1 biji+gula 0,25 kg fermentasi selama 2 minggu

4. Ikan segar di kukus /di tim, 45 menit terhitung sejak air mendidih, hancurkan + air kelapa 5 liter+urin 5 liter+1 biji ragi+gula 0,2 kg

Tahap ke II :
1.
Yang no 1 di saring masukan dalam digester
2. Yang no 2 masukan dig ester
3. Yang no 3 saring masukan digester
4. Yang no 4 saring dan masukan digester
5. Air kelapa sisa +urin sisa +ragi+gula, masukan semua dalam digester

Lalu tutup digester rapat rapat fermentasi 21 harihingga jadi

Perlakuan kolam
Kolam yang di sarankan adalah kolam tanah…kalau kolam semen, terpal…harus ada yang berani mencoba.

Kolam tanah seluas 100m2 beri pupuk kandang 3 kg saja dan 0,5 batang pisang yang di cacah kecil kecil lalu di ratakan pupuk kandang lalu airi air macak macak setinggi mata kaki/10 cm saja baru di taburi urea sebanyak 2,5 ons, sebar merata, diamkan 5 hari.

Pada hari ke 6 aliri air hingga setinggi 60-80 cm saja , biar sinar matahari bisa leluasa masuk sampai dasar kolam, beri PRO FISH 0,5 liter, biarkan selama 7 hari hingga tumbuhan lumut ,alga, ganggang, klekap tumbuh. Lebih bagus lagi jika kolam tanah pada bagian tengah di buat seperti punggung penyu.
maksudnya bagian tengah di buat gundukan tanahseluas 2 meter persegi saja, agar pertumbuhan klekap benar benar optimal.

Pada hari ke 8 baru di lakukan tebar bibit dengan kepadatan 2-5 ekor/m2 saja, dan bisa di coba padat tebar lebih banyak setelah sukses dengan padat tebar 2-5 ekor/m2.

Sejak hari penebaran setiap 7 hari sekali, luas kolam 100m2 perlu di tebari PRO FISH sebanyak 250 ml yang di encerkan pada 5 liter air lalu di tebar ke seluruh permukaan kolam, hingga panen.

Jika luas kolam lebih dari 4000m2 harus konsultasi langsung  karena agak beda perlakuannya di banding yang hanya luas 100m2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar