Senin, 29 Juli 2013

Jeruk BETASUKA



BETASUKA.Mungkin  diantara  teman teman pernah mendengar kata tersebut.Ya , BETASUKA merupakan singkatan nama daerah sentra penghasil jeruk besar ( pamelo,adas,bali,duku ) di daerah Magetan.

BETASUKA(Bendo,Takeran,Sukomoro,Kawedanan)tiap musimnya menghasilkan ribuan ton buah jeruk besar yang terdiri dari berbagai jenis varietas.Namun yang menjadi primadona di daerah BETASUKA adalah jeruk jenis pamelo.
Jeruk pamelo memiliki buah yang berwarna merah dengan rasa yang sangat manis tanpa ada rasa getir dan pahit.Perawatan jenis inipun lebih mudah dari pada jenis lainnya,semisal jenis bali.Jeruk bali memiliki harga yang lebih tinggi dari jenis lainnya dikarenakan perawatanya lebih ruwit.Lalat buah dan hama lebih suka menyerang jenis ini.
 

Di daerah ini,pembibitan tanaman baru dilakukan oleh setiap petani itu sendiri dengan cara pencangkoan.Biasanya pencangkoan dilakukan pada pohon yang sudah produktif dan memiliki kwalitas buah yang baik.Pencangkoan dilakukan pada awal musim kemarau.Sehingga cangkoan tidak terlalu kering.

Namun,apabila pencakoan dilakukan pada musim kemarau.Pada cangkoan perlu disirami untuk menjaga cangkoan tidak terlalu kering.Sekitar 3-4 bln,pada cangkoan sudah memiliki perakaran yang cukup tua untuk ditanam.Bibit yang sudah siap ditanam,sebaiknya diadabtasikan dulu dengan tanah tempat  bibit  ditanam.
Caranya adalah ,bikin lubang dengan lebar  +/- 40cm2  dan kedalaman 35cm.Bibit yang baru dipotong dari pohon induknya ditanam pada lobang  tersebut,Timbun sebagian media cangkoan separuhnya dulu.Hal ini dilakukan sebagai adaptasi cangkoan dengan tanah.Setelah 3-4 hari cangkoan baru ditimbun dan siasakan 10cm dari permukaan tanah untuk media penyiraman.
 
Tanaman  baru  bisa   berbuah  berkisar 2,5 tahun dan baru produktif ditahun ke-5.Setelah pemanenen,maka perlu diadakan penyiangan pada pohon dan ranting.Fungsinya sebagai peremajaan ranting sehingga tumbuhlah tunas baru yang lebih baik.Untuk menghindari serangan blendok ( getah lengket ) pada pohon,maka perlu diberikan belerang dengan cara dikuaskan pada pohon dan ranting.

Setelah  panen , tanahpun  perlu  diolah  dengan cara dibalik lapisan tanahnya ( digarpu ) agar kandungan oksigen dalam tanah terpenuhi.Setelah digarpu,ditaburi pupuk kandang / kompos yang  sudah matang.

Demikian sekilas berita tentang daerah kami BETASUKA ,dilain waktu akan coba  saya jelaskan lebih mendetail seputar budidaya jeruk di daerah kami.Salam persahabatan..He…..he…he…he….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar